Saturday 3 May 2008

Masih Muda, Mata Sudah Berkantung??

Tanda-tanda ketuaan kadang mulai datang sebelum waktunya. Ada dua faktor yang mempercepat terjadinya proses penuaan, yaitu:
a) Faktor Internal, yang berasal dari dari dalam tubuh. Terjadi akibat penampilan usia yang diikuti penuaan fungsi organ tubuh, termasuk kulit yang kian menua.
b) Faktor Eksternal, pengaruh yang berasal dari luar tubuh. Menyebabkan terjadinya penuaan dini (premature aging), antara lain karena polusi, sinar matahari, udara kering, serta perlakuan buruk terhadap kulit.


Daerah sekitar mata peka terhadap proses penuaan, sebab daerah tersebut sedikit mengandung kelenjar lemak. Namun bagian kulit yang lebih peka terhadap proses penuaan seperti keriput, adalah area sekitar leher. Karena umumnya wilayah ini jarang sekali terawat secara intensif.

Mata yang mengandung kantung merupakan salah satu gejala masalah skin aging. Hal ini dapat terjadi karena bakat (faktor keturunan), dimana terjadi kecenderungan penyimpangan cairan atau kadar air berlebihan. Bila hasil tes menunjukkan kadar air cukup tinggi, maka problem ini masih bisa diatasi dan dirawat dengan cara akupuntur. Namun, bila kadar lemaknya yang tinggi maka tindakan koreksi denga bedah estetik lebih efektif dilakukan.

No comments: