Friday 23 May 2008

KAYA pangkal PANJANG USIA

Banyak cara awet muda dan memperpanjang usia. Namun, gaya orang kaya memperpanjang usia justru jauh lebih berbeda. Menikmati hidup sebaik mungkin dan kebiasaan unik lainnya merupakan cara mereka hidup lebih lama.

Orang kaya, entah itu jutawan atau miliarder memang berbeda. Bukan hanya karena hidup mereka lebih nyaman dibandingkan dengan orang lain. Survei menyebutkan, hidup orang kaya lebih panjang dibandingkan orang yang tidak kaya.

Banyak yang menduga hal itu terjadi karena orang kaya mampu mendapatkan akses kesehatan yang lebih baik. Misalnya, air minum yang menyehatkan, pelayanan kesehatan yang menyeluruh hingga rumah yang sangat nyaman. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar. Sebab ukuran tersebut tidak bias menjadi peganggan kenapa orang kaya hidup lebih lama.

Dalam sebuah penelitian berjudul “WhitehallStudy”, disebutkan bahwa orang yang mempunyai uang lebih banyak dan menduduki posisi penting akan bertahan hidup lebih lama karena mereka lebih bahagia dan superior.

Pernyataan ini muncul setelah Sir Michael Marmot dari University College, London, menguji ratusan pekerja yang ada di hotel Whitehall. Seluruh pekerja diberikan akses kesehatan yang sama. Namun, kenyataannya tetap terjadi perbedaan usia kematian. Rata-rata karyawan yang berada di bawal level administrator justru sangat rentan dengan kematian.

Berdasarkan hasil survei itu, maka R. Sapolsky penulis sekaligus peneliti dari Stanford University berargumen bahwa gaya hidup dan superioritas yang dimiliki orang-orang kaya tersebut, membawa mereka untuk hidup lebih lama. Selain itu, menurut majalah Forbes, rata-rata miliuner meninggal pada usia 78 tahun.

TIPS:

Kunci hidup panjang memang ada pada gaya hidup. Orang kaya memiliki gaya hidup yang lebih nyaman dan bebas tekanan. Selain gaya itu, ada cara lain untuk membuka peluang hidup lebih lama.

* Jangan Tidur Berlebihan

Jika ingin memiliki usia panjang, jangan pernah tidur lebih dari waktu tidur anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh AGP (Archives of General Psychiatri), disebutkan bahwa tidur yang berlebihan justru akan memperpendek usia anda. Penelitian ini menyatakan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam setiap harinya, lebih rawan akan ancaman kematian.

* Berusaha Selalu Optimis

Peneliti dari Mayo Clinic in Rochester, Minnesota mengatakan sebanyak 50% orang-orang yang optimis lebih mempunyai peluang hidup lebih lama ketimbang orang yang pesimis. Mereka mengatakan, orang yang optimis dan positif akan terlihat ceria dan sehat. Selain itu, mereka juga mempunyai tekanan darah yang normal ketimbang orang yang pesimis.

* Istirahat Yang Cukup

Penelitian yang dilakukan John Hopkins University School of Medicine tahun 2002 mengatakan bahwa orang-orang yang mudah marah terjadi karena kurang istirahat. Parahnya, orang yang gampang emosian ini justru rawan terkena penyakit jantung jika telah berusia 55 tahun.

* Meditasi

Menurut Dr Woodson Merrell dari Beth Israel Hospital di New York City, kegiatan yang palin berguna untuk menghindari stress dan memperpanjang usia adalah meditasi. Lewat meditasim semua pikiran terasa lebih nyaman, enteng, dan jernih. Fakta, meditasi yang dilakukan 15 menit justru lebih menghasilkan keadaan nyaman yang lebih baik ketimbang tidur selama satu jam.

* Jangan Lupa Tertawa

Tertawa akan mengurangi tingkat hormone stress anda seperti adrenalin dan cortisol. Tertawa juga mengeluarkan endorphin yang berguna untuk sirkulasi darah.

No comments: