Saturday 24 November 2007

Ekstrak Brokoli Lindungi Kulit dari Sinar UV

Tau ga sih.. mengkonsumsi brokoli, ga cuma bagus untuk kesehatan aja lhoo.. tapi juga membantu kita untuk memperbaiki sel kulit dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet .

Chicago - Ekstrak brokoli yang diperoleh dari biji brokoli ternyata akan mengurangi iritasi kulit yang kemerah-merahan dan kerusakan kulit bagi yang kurang merawatnya.

Penelitian tersebut pertama-tama diujicobakan pada tikus, untuk melihat efek dari ekstrak brokoli tersebut dalam melawan sinar ultraviolet. Dan ternyata, “Setelah diujicobakan pada sel tubuh manusia, terbukti mampu melindungi dan melawan sinar UV penyebab kanker,” ujar Dr Paul Talalay of Johns Hopkins University.

Dia menambahkan, ekstrak brokoli bukan bersifat sebagai tabir surya, melainkan mampu membantu sel kulit untuk melawan efek radiasi ultraviolet. Tidak sama seperti tabir surya yang melindungi seperti menyerap, menghadang, atau menyebarkan kan cahaya, ekstrak brokoli akan membantu memproduksi enzim yang mampu melawan sinar ultraviolet.

Penelitian tersebut menggunakan sulforaphane, yaitu zat yang ada di ekstrak brokoli. Zat ini mampu mencegah pertumbuhan tumor yang menyebabkan kanker.

Dalam dosis tinggi, ekstrak akan mengurangi kulit kemerah-merahan dan bengkak sampai 37%. Dampak dari penggunaan ekstrak ini akan berlangsung lama. “Walaupun pemakaian dihentikan selama dua hari, dampaknya masih tetap dirasakan,” ujarnya.

Dampak yang dirasakan sangat bervarisi pada tiap orang. Ekstrak ini mampu melindungi mulai 8% sampai 78%, tergantung perbedaan genetik. Ekstrak ini mampu melindungi dari radiasi sinar ultraviolet, terutama pada orang yang beresiko mengalami kanker kulit. (Dikutip dari Seputar Indonesia, 25 Oktober 2007)

No comments: