Sunday 3 July 2011

Cukup Tidur Bikin Hidup Lebih Sehat

Tidur yang cukup berpengaruh pada kualitas hidup kita karena tidur dapat meningkatkan stamina dan kesehatan mental.

Jakarta, PelitaOnline - SELAIN butuh makan dan minum, tubuh kita juga sangat membutuhkan tidur yang cukup. Dengan tidur yang baik dan berkualitas, tubuh kita akan sehat setelah seharian melakukan berbagai aktifitas.



Dalam buku Power Sleepvkarya Dr. James B. Maas, dijelaskan bahwa tidur merupakan aktifitas sehari-hari yang menjadi kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Barangkali kita tidak pernah membayangkan dengan cermat bahwa hampir sepertiga dari masa hidup kita digunakan untuk tidur. Ini artinya bagi orang yang berusia 60 tahun, ia telah tidur selama 20 tahun.

James menunjukkan betapa besar pengaruh tidur terhadap kualitas hidup kita. Ia menciptakan program mudah, tanpa obat, untuk meningkatkan stamina dan kesehatan mental melalui tidur yang efektif.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kehilangan atau kekurangan tidur mempunyai akibat yang sangat merugikan bagi semangat, kognisi, kinerja, produktifitas, keterampilan komunikasi, tingkat kecelakaan dan kesehatan secara umum, termasuk penyakit gastrointestinal, penyakit kardiovaskuler, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh kita.

Semua itu terjadi karena tidak cukup tidur akan melahirkan banyak hal, misalnya kantuk pada siang hari yang menyebabkan perhatian tidak fokus dan pusing. Juga, suasana hati akan berubah, akibat kurang tidur, mudah marah, kehilangan rasa humor, depresi, stres dan kurang tertarik berinteraksi dengan orang lain. Secara fisik, kekebalan tubuh akanmenurun dan menyebabkan virus penyakit sangat mudah untuk masuk.


Berbagai aktifitas otak yang sedang tidur -yang sering lebih aktif daripada otak terjaga- memainkan peran penting seperti mengatur fungsi pencernaan, aktivitas jantung dan pembuluh darah serta fungsi kekebalan, dalam memberikan energi pada tubuh dan dalam pemprosesan kognitif, termasuk dalam dalam penyimpanan, penataan, dan pembacaan informasi yang sudah disimpan dalam otak.

Proses tidur dalam waktu yang cukup dan lingkungan yang tepat akan menghasilkan tenaga yang luar biasa. Tidur dapat memulihkan,meremajakan, dan memberikan energi tubuh dan otak. Sepertiga hidupkita, yang seharusnya dilalui dengan tidur, berpengarus besar terhadapdua per tiga bagian yang lainnya.

Di dalam al-Qur'an dinyatakan bahwa Tuhan menganugrahkan kemampuan tidur kepada manusia supaya mereka beristirahat di malam hari setelah beraktifitas penuh di siang hari.

"Wa ja'alna naumakun subata," (Q.S An-Naba:9).

Jadi, marilah kita tidur secukupnya. Tinggalkan begadang malam. Biasakan pola hidup sehat supaya hidup tetap produktif.

Punten a'.. (Parid Ridwanuddin)
JUST wanna SHARE IT..

No comments: