Wednesday 17 September 2008

Perawatan Mata Bagi Para Pengguna Lensa Kontak


Semakin hari, jumlah pemakai lensa kontak semakin banyak peminatnya. Salah satu alasan untuk memakainya yaitu untuk tampil lebih menarik dan memberikan kesan yang berbeda pada penampilan juga memberikan kenyamanan saat beraktivitas dibandingkan dengan memakai kacamata. Selain itu harganya juga semakin terjangkau dengan berbagai pilihan warna-warninya yang membuat lensa kontak semakin banyak pemakainya.

Namun di balik keindahan lensa kontak, ternyata juga memiliki sisi yang negatifnya. Apalagi bagi yang menggunakannya secara terus-menerus, tanpa memperhatikan unsur kesehatan. Lensa kontak yang telah melewati batas waktu pemakaian akan menyebabkan mata iritasi, sehingga akan merusak keindahan mata. Iritasi terjadi karena perawatan dan pemeliharaan lensa kontak yang kurang baik. Jadi, sebaiknya bagi Anda pengguna lensa kontak harus selalu menjaga kebersihannya, karena pemakaian lensa kontak berhubungan erat dengan jaringan mata, menempel langsung ke kornea dan selaput lendir konjungtiva.


Bila anda kurang melakukan perawatan dan menjaga kebersihan serta kurang memahami kemungkinan timbulnya reaksi dari pemakaian lensa kontak, maka berbagai efek yang mungkin timbul dari pemakaian lensa kontak antara lain, edem kornea dan terbentuknya pembuluh darah baru disekitar kornea. Bisa juga terjadi infeksi kornea berat yang disebut ulkus kornea atau tukak kornea yang bisa mengakibatkan kerusakan kornea permanen.


Untuk itu lakukanlah perawatan lensa kontak supaya kesehatan dan keindahan mata kita selalu terjaga, seperti :

  • Sehabis dipakai segeralah bersihkan lensa kontak Anda dengan menggunakan cairan pembersih yang disarankan oleh ahli lensa kontak, dan sebelumnya cuci tangan anda terlebih dahulu sebelum memasang dan melepaskan lensa kontak.

  • Agar lensa kontak tidak terkontaminasi oleh jamur dan bakteri, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan tempat penyimpanan lensa kontak, dan sebaiknya gantilah tempat lensa kontak Anda setiap 2 bulan sekali dengan yang baru.

  • Cucilah tempat lensa kontak dengan air panas dan biarkan kering dengan menaruhnya terbalik di atas handuk/ tissue.


Selain itu, ada beberapa tips untuk Anda yang menggunakan lensa kontak, yaitu :

  • Periksakan ke dokter spesialis mata, sebelum menggunakan lensa kontak karena ada beberapa orang yang sama sekali tidak boleh memakainya seperti penderita belspalsi atau kelumpuhan pada syaraf wajah.

  • Jangan sembarangan membeli lensa kontak dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memilih lensa kontak yang cocok untuk mata Anda.

  • Pilihlah lensa kontak dengan kadar air 50-60 persen. Jika terlalu tinggu, justru akan cepat menyerap air sehingga mata pun cepat kering

  • Lakukan pemeriksaan mata dan lensa sebulan setiap 6 bulan sekali.

  • Bila terjadi iritasi seperti mata merah, gatal, berair dan penglihatan mata menurun, segeralah lepas lensa kontak Anda dan periksa ke dokter

  • Bersihkanlah lensa kontak dan buanglah larutan yang Anda gunakan untuk merendam lensa kontak setiap kali digunakan.

  • Ikutilah petunjuk yang ada di botol larutan pembersih dan perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

  • Bila diperlukan, dapat menggunakan tetes mata khusus lensa kontak sebagai pembasah untuk kenyamanan bagi mereka yang bekerja di dalam ruangan yang ber-AC.

1 comment:

Anonymous said...

sangat menarik, terima kasih